Artikel

MENPAREKRAF DORONG FESTIVAL KOTA LAMA SEMARANG JADI EVENT BERKELAS INTERNASIONAL

Share this Post:

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong Festival Kota Lama di Semarang, Jawa Tengah, dapat ditingkatkan skala penyelenggaraannya menjadi event berkelas internasional.

Menparekraf Sandiaga saat meninjau "Kuliner Nostalgia Pasar Sentiling" yang merupakan bagian dari rangkaian Festival Kota Lama, di Semarang, Rabu (13/9/2023) malam, mengatakan Festival Kota Lama telah berhasil masuk dalam 10 besar event terbaik nusantara yang dirangkum dalam Karisma Event Nusantara Kemenparekraf/Baparekraf.

"Saya mengucapkan apresiasi dan selamat kepada Festival Kota Lama karena telah berhasil masuk dalam 10 besar event terbaik nusantara yang kita rangkum dalam Karisma event Nusantara (KEN). Ini adalah top 10 KEN yang terkurasi melalui proses yang sangat kompetitif, levelnya sudah nasional," ujar Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf mengatakan, ragam acara yang dihadirkan selama 11 hari penyelenggaraan menunjukkan Festival Kota Lama memiliki daya tarik yang kuat bagi wisatawan untuk berkunjung. Ia pun mendorong agar Festival Kota Lama dapat ditingkatkan kualitas dan skala penyelenggaraannya menjadi event berkelas internasional.

Festival Kota Lama Semarang 2023 berlangsung pada 7-17 September 2023. Festival Kota Lama 2023 mengangkat tema "Heritage in Harmony" yang menggambarkan keragaman budaya khas Kota Semarang.

Selain Kuliner Nostalgia Pasar Sentiling, Festival Kota Lama juga menghadirkan sederet acara seperti pameran produk unggulan dalam UMKM Expo, Nusantara Folklore Festival, Orchestra in Harmony, Wayang Orang on the Street, Festival Jalur Nusantara, dan lain-lain.

"Festival Kota Lama layak menjadi event internasional. Ini akan mendorong dibukanya rute penerbangan langsung internasional ke Semarang dari kota-kota besar di Asia sebagai bagian dari kebangkitan ekonomi dan penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024," ujar Menparekraf Sandiaga.

LINK TERKAIT