Artikel

TURNAMEN VOLI PIALA GUBERNUR JATENG 2024 DITUTUP, BANK JATENG PUTRA DAN GRESIK PETROKIMIA PUPUK JUARA

Share this Post:

SEMARANG – Turnamen voli Piala Gubernur Jateng 2024 resmi ditutup Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Selasa (6/2/2024). Juara I Putra diraih Bank Jateng, dan Juara I Putri disabet Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia.

Diketahui, turnamen diikuti 47 tim dari Jateng, Jatim, Jabar, DI Yogyakarta dan DKI Jakarta. Mereka bertanding memperebutkan gelar juara pada kejuaraan yang digelar di GOR Jatidiri, sejak Sabtu (3/2/2024) hingga Selasa (6/2/2024).

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Nana menyampaikan, kegiatan berjalan sukses dari awal hingga akhir. Atas nama Pemerintah Provinsi Jateng, Nana memberikan selamat kepada tim juara.

“Apakah turnamen ini akan diteruskan atau dilanjutkan tahun berikutnya?” tanya Nana pada peserta.

“Lanjut,” jawab para peserta.

Nana pun menyampaikan, turnamen akan dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya.

Dia mengakui, untuk menjadi juara bukanlah hal mudah. Tapi, menurutnya, juara tetaplah juara.

Nana meminta para atlet untuk tidak berhenti di turnamen ini, karena masih ada event lain yang bisa diikuti, baik itu event nasional hingga internasional. Tentu, mereka akan membawa nama Jateng agar terus berkibar.

“Saya harapkan prestasi ini jadi pelecut, untuk mencapai prestasi tertinggi,” imbuhnya.

Bagi tim yang belum juara, Nana memberikan support, agar mereka tetap semangat untuk menghadapi event piala lainnya.

Dia menyampaikan, turnamen bola voli itu merupakan awal dari rangkaian sport tourism. Pada bulan selanjutnya, akan digelar turnamen olahraga lain, seperti sepak bola, tenis, tenis meja, dan lain-lain.

Pihaknya melihat, dalam pertandingan final, Tim Jateng tidak kalah. Seperti Tim Bank Jateng dan PPLOP Jateng, yang mampu bersaing dengan tim lain. Ke depan, pihaknya akan melanjutkan dan menjadikan event tahunan, dengan pelaksanaan yang lebih profesional.

“Ini merupakan awal pertandingan di tahun 2024. Even ini juga sport tourism atau wisata olahraga. Di samping kita meningkatkan olahraga juga bisa kaitkan dengan perekonomian. Ekonomi di samping juga mengembangkan wisata. Ada beberapa even lain. Ada bulutangkis, sepak bola, tenis, tenis meja maupun event lainnya,” ujarnya.

Nana berharap, ada pembinaan pada olahraga bola voli. Sehingga, akan mampu menghasilkan bibit atlet yang berprestasi. Termasuk dalam mempersiapkan ajang PON ke XXI pasa tahun ini, di Aceh dan Sumatera Utara.

Sebagai informasi, laga final putra mempertemukan tim Bank Jateng lawan PPLOP Jateng. Hasilnya, Juara I Bank Jateng Putra, Juara II PPLOP Jateng, Juara III PPOP DKI Jakarta, dan Juara IV PB Tunas Semarang.

Sedangkan laga final putri, mempertandingkan tim Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia lawan PPOP DKI Jakarta. Hasilnya, Juara I Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Juara II PPOP DKI Jakarta, Juara III Mitra Kencana Semarang, dan Juara IV PPLOP Jateng.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jateng, Agung Hariyadi menyampaikan, peserta turnamen sesuai ekspektasi, yaitu 47 klub se-Jawa.

“Kita sudah bisa melakukan itu dengan sukses. Serta sukses mengantarkan tim Bank Jateng menjadi juara, dan Petrokimia Gresik nomor putri jadi juara,” kata Agung di lokasi.

Kegiatan yang sukses itu, menurutnya, perlu ditindaklanjuti sesuai dengan yang disampaikan Pj Gubernur, agar event olahraga prestasi dikemas menjadi industri olahraga.

LINK TERKAIT